Monday, January 15, 2018

Aku dan Pramuka (Hadiah Terbesar Pramuka untuk Raim Laode)

Belakangan ini, ada beberapa capture dari followers di Instagram maksud saya teman-teman di Instagram terutama akun-akun yang bersifat kepramukaan itu mengungkap bahwa saya pernah berproses di Pramuka saya pernah berproses di Pramuka bahwa saya pernah berproses di Pramuka saya pernah berproses di Pramuka Pramuka. Dan saya rasakan rasakan ini banyak Sepertinya saya perlu untuk menulis sesuatu dan mengklarifikasi sesuatu yang sangat penting. Kalau ada yang bilang saya dulu pernah masuk Pramuka, itu salah. Karena sampai sekarang saya masih tetap anggota aktif rencana Halu oleo. Gugus Depan di kampus saya saya kampus saya saya di kampus saya saya kampus saya saya.

Walaupun kehadiran saya di sana sudah diragukan diragukan sudah diragukan diragukan sana sudah diragukan diragukan sudah diragukan diragukan tapi saya punya pandangan yang, Pramuka bukan hanya sekedar pakaian, tapi tentang perilaku dan sikap. Sebab Pramuka lebih mulia dari simbol-simbol yang kita pelajari. Tapi kalau berbicara tentang simbol maka warna kulitku tidak akan berbohong dari kata Pramuka. Bahkan Pada suatu masa saya saya saya suatu masa saya saya saya pernah menjadi dewan kerja cabang Kwartir cabang kabupaten Wakatobi di mana tugasnya untuk mengurusi kepramukaan di seluruh kabupaten Wakatobi.

Oleh karena itu saya rasa penting untuk berbagi kepada teman-teman tentang pentingnya Pramuka dalam hidup saya, dimana proses menuju dewasa saya dapat di masa-masa Menggunakan seragam itu. Jadi saya harap kamu untuk tetap membaca Sampai Akhir. Silahkan siapkan mental untuk membaca.

Asal usul niat.
Jika ditanya Sejak kapan saya masuk di dalam kepramukaan. Awal aktifnya saya ingat sekali sejak kelas 1 SMA. Walaupun saya ingat hari pertama saya masuk dan berkembang adalah adalah kelas 2 MTS. 

Di hari pertama saya masuk ke Pramuka pertama saya masuk ke Pramuka tepatnya Gugus Depan Depan saya di SMP, bertepatan dengan Kema Sabtu Minggu Minggu. Jadi teman-teman Yang lain sudah aktif kebetulan ada perkemahan teman saya bernama Kahar ajak saya rahim Ayo berkemah berkemah Ayo berkemah berkemah rahim Ayo berkemah berkemah Ayo berkemah berkemah saya rahim Ayo berkemah berkemah Ayo berkemah berkemah. Ya sudah saya ikut juga

Keren saja, pakai seragam dengan lambang-lambang. Menggunakan pisau tapi tidak dilarang. Menyatu dengan alam adalah impian saya dan angan-angan tentang pramuka yang sangat indah buat saya di kala itu.

Hanya karena pada itu situasi di sekolah sekolah sekolah ada pada masa yang aneh tentang suatu alasan. Secara tidak langsung membuat kegiatan kepramukaan lumpuh dan tidak terlalu aktif. Hal itulah yang membuat saya iri yang membuat saya iri dengan SMP lain yang ke pramukanya lebih aktif. Sementara semangat saya jauh lebih besar dibandingkan yang lain lain.

Waktu berjalan begitu saja
Waktu berjalan begitu saja. Masa SMA telah datang,  berbeda dengan anggota keluargaku yang lain untuk melanjutkan ke Man (sekolah madrasah setara SMA) Saya memutuskan untuk masuk ke SMA 1 Negeri wangi-wangi. Ingin merasakan hal yang berbeda seperti keluarga saya.

Tidak tahu bagaimana hari-hari saya di sekolah terutama saya di sekolah terutama di kelas adalah hari-hari yang berat menurut saya yang berat menurut saya. Hari-hari dipenuhi dengan, ejekan dan pukulan dari beberapa teman-teman yang nakal. Adalah makanan hari-hari.

Beberapa bulan berlalu penerimaan gugus depan untuk kepramukaan di sekolah saya dibuka. Maka kuputuskan raga ini ini raga ini ini untuk mendaftar. Dan berproses mendapatkan jati diri saya sebagaimana manusia pada umumnya. 

Terlepas dari semua perjalanan saya dalam kepramukaan, rasa-rasanya apa yang kamu baca ini tidak akan berhenti. Karena ada banyak kesan yang bisa saya dapat. Dan mungkin sudah waktunya saya akan memberikan beberapa keuntungan yang saya dapat dalam pramuka sampai sekarang.

1
Pramuka adalah salah satu tempat untuk belajar menjadi manusia dan dilihat menjadi dua mata. Dan apa yang saya tulis ini terbukti pada saya. Seperti yang saya bilang tadi hari-hari dipenuhi dengan Bully. Di Pramuka ini tidak sempat saya dapatkan sedikitpun.

Membuat saya berpikir dan nyaman untuk  bergerak. Sebab kenapa, orang-orang yang ada di dalam kelas kita kita kita adalah kompilasi dari segala wajah kepribadian manusia ada dalam satu kelas. Ada yang cantik, baik, ganteng, dan juga orang jahat. Yang goblok nya adalah biasanya orang jahat ini mendominasi situasi di kelas kelas kelas walaupun jumlah mereka sedikit. Yang kasihan siapa siapa? Yang kasihan kami yang anak sholeh ini ini kami yang anak sholeh ini ini selalu jadi bahan tindasan.

di Pramuka Saya tidak sempat mendapatkan hal itu Sebab orang-orang di Pramuka adalah kompilasi dari orang-orang baik dari kelas yang berbeda berbeda untuk belajar. Walaupun yang goblok Ada juga sih juga sih, hanya kalau orang goblok tapi tidak jahat goblok tapi orang goblok tapi tidak jahat tidak jahat mendingan itu. Di sinilah awal mula saya memandang cerah matahari matahari bahwa ada harapan. Karena terserang Saya tersiksa dengan bully yang kita bicarakan tadi.

2
Keuntungan lainnya adalah tempat kita untuk untuk belajar salah, tetapi di beri apresiasi dan dibenarkan apresiasi dan dibenarkan. Sebagaimana Biasanya kita tidak dapat atau jarang kita dapat atau jarang dapat atau jarang kita dapat dapat atau jarang kita dapat dapat atau jarang kita dapat atau jarang kita dapat di kelas. 

Karena sangat menjadi sayang di masa masa di masa masa di masa masa kita belajar ada momen saat kita salah. Ternyata semesta malah mengucilkan kita kita mengucilkan kita. Pasti yang terjadi adalah frustasi Dar bisa berimbas kepada masalah lain lain masalah lain lain kepada masalah lain lain masalah lain lain berimbas kepada masalah lain lain masalah lain lain kepada masalah lain lain masalah lain lain. Itulah Pramuka berperan buat saya saya saya.

Sebab Pramuka adalah tempat saya salah lebih awal di masa masa masa usia yang sangat muda muda. Ketimbang teman-teman Saya memilih salah pada saat kuliah. Jadi karena kita jauh lebih duluan maka cara kita untuk menyelesaikan dan memperbaiki salah pun jauh lebih duluan katimbang teman-teman yang baru berorganisasi ketika dia kuliah. Walaupun saya tidak bilang salah bagus juga.

3
Hadiah terbesar yang diberikan Pramuka ke saya ke saya adalah public speaking. Dan saya baru sadar dari modal itulah membuka jalan untuk membawa saya menemukan jalan yang saya mau untuk menghabiskan sisa hidup saya dengan karir ini. 

Dan sekali lagi ini bisa saya dapatkan karena kondisi lingkungan yang kondusif pada saat itu. Adalah tempat dimana kita salah dan diperbaiki bukan tempat untuk mencaci maki dan menertawai salah dalam proses belajar.

Hadiah lain yang diberikan Pramuka adalah memberikan kita makna capek yang berharga. Bukan capek yang tidak bermanfaat. Satu hal yang saya pelajari dan kamu harus canangkan untuk modal menjadi sesuatu adalah Jika yang kamu lakukan Sama persis dengan orang lain maka yang akan kamu dapat adalah Sama persis dengan orang lain. Tapi sepertinya aku tidak seperti itu karena yang saya lakukan harus lebih daripada orang lain yang saya baca harus lebih daripada orang lain, yang Saya dengar harus lebih dari orang lain sehingga yang harus saya dapat harus lebih daripada yang lain.

Pesan kepada teman-teman dan adik-adik yang masih berproses di Pramuka.

Jangan pernah sia-siakan capek yang kita dapat, jangan pernah berhenti dan malu mengenakan baju yang membuat saya deg-degan ketika melihat adik adik saya lewat di depan rumahku dengan seragam itu. Tetap berkarya dan tetap semangat mengibarkan dan menumbuhkan Cikal yang merupakan lambang kebanggaan kita.

Terima kasih banyak sudah membaca sejauh ini, meluangkan waktumu lebih sering dibandingkan yang lain. Dan jika kamu pikir tulisan ini bermanfaat, Tolong sebarkan kepada panji-panji yang lain sampaikan salam saya. Nama saya raim Laode dan aku bangga jadi Pramuka. Salam Pramuka.

Jangan lupa komen juga ya..


No comments:

Post a Comment

Masih Hangat Utk Dibaca

MENIKMATI MACET JAKATA #OpiniLaode

Jakarta. Semua orang tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota negara republik Indonesia yang kita cintai ini. sebagai ibu kota tentulah Jakarta pas...