Sunday, July 2, 2017

MENIKMATI MACET JAKATA #OpiniLaode

raimlaode
Jakarta. Semua orang tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota negara republik Indonesia yang kita cintai ini. sebagai ibu kota tentulah Jakarta pasti akan hadir dengan sejuta masalah yang harus dipikirkan. ya namanya juga ibu-ibu. ada yg menegerti komedy tadi?

next. :)

Ada banyak sekali masalah diJakarta ini yang harus dipikirkan secara saksama dengan semua golongan bukan pemerintah saja. ada kriminalitas, ketimppangan sosial, banjir, pertumbuhan penduduk yang luar biasa, migrasi orang kampung ke kota sangat tinggi dan lain sebagainya.

Yang menerik dan yang akan saya bahas sebentar lagi adalah masalah macet Jakarta. iya karna ini menurut saya cukup krosial karna kalau saya lihat dari kacamata laode, ada banyak masalah lain Jakarta timbul karna kemacetan ini.
suasana macet jakarta (Gambar ambil di Google)
Tidak percaya? ayo bahas satu-satu.

Kriminalitas salah satu alasannya muncul karna macet, orang kalau macet pasti bawaannya emosian, penegen mengumpat dan lain-lain. jadi kriminalitas sumber utamanya dari emosi, emosi sumbernya dari macet. percaya kan? suda percaya saja.

Ambil contoh lain. banjir. kamu kira banjir tidak ada hubungannya dengan macet Jakarta. banjir itu bersumber dari kemacetan. sama seperti perut kita, kalau perut lagi ada masalah, lagi mampet, lagi macet, apa yang kita lakukan minum air banyak-banyak. sama seperti macet Jakarta biar sembuh dikasi banjir banyak-banyak.

Belum percaya? percaya saja sa bilang. :)

*****

Seperti saya bilang tadi bahwa macet Jakarta ini sangat krosial. sebab Jakarta masuk sebagai urutan 17 kota termacet didunia (info 2016 lalu). walaupun kota termacet di Indonesia adalah kota bogor, tapi kalau dipikir-pikir yang bikin macet bogor itu orang bogor yang kerja diJakarta. jadi bisa dibilang Jakarta cukup berperan dalam kemacetan kota-kota penyannga disekitarnya Bogor, bekasi dan tanggerang.

Apasih penyebab macet ini?

Ada banyak hal yang menyebaban macet Jakarta, diantaranya mobil masuk pintu  tol lama, ada orang demo, ada ibu-ibu naik motor, ada anggkot berhenti sembarangan. ada anak bertanya pada bapaknya. bwaaanyyakk.

Saya heran dijarata ini macet suda merajalela, tiap hari macet, kalau sampe sehari tidak macet kita kaya bimbang, seperti ada yang berbeda, matahari tidak secerah biasanya, langit tak seindah biasanya, cabe-cabean tidak seriang biasanya. ada yang beda.

Di Wakatobi tiap hari, tidak ada macet, kita macet itu seperti bencana yang datang dalam periode yang sangat lama, tidak pernah ada macet. macet diwakatobi 4 tahun sekali, pada saat kampanye pemilihan bupati. diJakarta kampanye tiap hari.

Tapi yang paling utamasih adalah pertumbuhan kendaraan pribadi jauh lebih tinggi dibandingkan fasilitas jalan yang disediakan oleh pemerintah. faktanya dari direktorat lalu lintas polda metro jaya mengatakan dalam sehari pertumbuhan kendaraan bermotor diJakarta berkisar dari 5500 sampai 6000 unit perhari. 6000 unit perhari, followers saya saja tidak sebanyak itu dalam sehari.

Inikan gawat. masa pertumbuhan followers saya kala sama pertumbuhan kendaraan bermotor di Jakarta dalam sehari.

Penyeban macet lain yang paling saya kesal adalah mobil-mobil yang masuk pintu tol dengan durasi yang laaamaaa terutama dipintu-pintu tol dalam kota. ini yang aneh menurut saya, tol diperuntuhkan mencegah kemacetan malah memperparah keadaan. ini sama saja kaya kita punya istri untuk menghindari zina tapi malah pilih wanita kafe. contoh yang aneh :)

****

ada berita kemarin saya baca, Jokowi presiden yang kita cintai ini kemarin sempat terkena macet Jakarta didalam mobil dan tidak menggunakan kawalan seprti pejabat lain. jadi beliau ikut merasakan kemacetan seperti warga negara pada umumnnya.

kalau menurut saya. hmmm biasa saja. harusnya beliau jangan ikut-ikutan macet mending ke kantor urus negara. becanda pak, saya salut sama bapak.

tapi yang menjadi masalahnya adalah. kita warga indonesia pada umumnya kalau terkena macet apa yang kita lakukan? ya mengumpat. kita biasa bilang "ini residen tidak beres kerjanya" kalau pak Jokowi kena macet bilang apa ya?
"presiden ini tidak beres, hmmm bukannya saya presidennya" piss,..

*****
Orang Jakarta tidak sukuran.
hanya yang menjadi pertanyaan saya kenapa kalian, kita diJakarta ini kalau macet selalu menyalahkan pemerintah, mengumpat, bawaannya emosi saja.

padahal kalau dipikir-pikir dengan macet Jakarta menimbulkan ekonomi kelas bawah, macet Jakarta memacu pertumbuhan ekonomi. karna macet orang bisa langsung jualan jual kasur dijalan, jual sofenir, biasa kita lihat juga penjual kanebo.

kemarin saya terkena macet ada ibu-ibu jual kanebo sambil dia gendong anak dia yang masih bayi. jadi posisinya tangan kanan pegang kanebo, tangan kiri gendong anak. terus dia bilang
"bang beli kanebo ya, ini menyerap air" (sambil kanebo dilap ke keringat anak dia).
"bagaimana masa saya beli yang sudah dipake, itu basah, saya mau beli yang barunya saja, ada?"
"ini masih banyak bang" (sambil menunjuk kepersediaan kanebo lain)
"tapi itu sisanya basa juga"
"kebetulan anak saya banyak bang, itu masih lari-lari"

Jadi saran saya untuk kalian orang Jakarta, hhmm,.. tidak usah terlalu salahkan permerintah juga, kenapa Jakarta macet terus, orang yang buat macet adalah mobil kalian juga, ya pemerintah juga agak salah karna kurnag menfasilitasi kendaraan umum. tapi semakin kesini Jakarta semakin menjadi cerah masa depan transportasi umumnya.

berapa tahun kedepan kita akan nikmati teknologi transportasi MRT, saya punya perasaan yang baik tentang hal ini.

*****

Solusi untuk macet Jakarta.

Jika bicara masalah solusi berat menurut saya untuk saya bahas. pertama bukan konsennya saya yang kedua saya bukan orang Jakarta ya pemerintahlah yang buat solusi. hehehe becanda boss..

Sebenarnya masalah macet Jakarta bukan hanya masalah pemerintah saja. tetapi itu juga harus menjadi masalah kita dan sepatutnya kita harus bertanggung jawab sebab yang dijalanan bukan hanya pemerintah saja.

Ada banyak solussi yang bisa kita ambil, pertama mari bangga menggunakan kendaraan umum. jadi ini tugas pemerintah juga untuk memfasilitasi kita masyarakat untuk tercapainya Jakarta bebas macet. bisa dengan memperbaiki fasilitas, menaikan pajak mobil, parkir mobil dan lain-lain.

Solusi lain yang bisa diambil pemerintah adalah buat lebaran setiap hari, jadi setidaknya dalam setahun ada banyak hari lebaran jadi orang pendatang diJakarta bisa mudik. jalanan Jakarta jadi sepi kan. itu jalanan atau masadepan kamu. :(

Tapi tidak mungkinkan mau dibuat lebaran setiap hari. jadi langkah yang bisa kita ambil adalah dia arah, pemerintah sediakan fasilitas kita bangga naik kendaraan umum supaya tidak naik mobil pribadi.

Ayo abadikan pendapat kamu dalam komentar :)

raimlaode / Penulis & Editor

Lelaki kecil dengan mimpi yang besar

0 komentar:

Post a Comment

Copyrights @ 2019, Blogger Template Designed By Raimlaode

Distributed By Gooyaabi Templates