A Trip With pasukan BPTJ (catatan Harian Laode)

Adalah hari yang menarik dipagi ini, sebab saya tidak sering memulain hari sedini ini. pukul 09:00 ku awali hari, maksud saya kami awali hari ini dengan kopi Caramel Mokaido, sepotong roti dan telur setengah matang dengan beberapa taburan tomat yang menambah nikmat pagi. dimana ini adalah menu biasa untuk orang kota sekigus sarapan yang aneh untuk saya.

Makanan ini memang enak tapi saya merasa aneh dengan situasi, pelayannya baik dia bilang ke saya "mas raim mau sarapan pake roti rasa apa?" mungkin menurut kalian tidak ada yang aneh, tapi ini terasa asing buat saya karna biasanya tetangga kosan tiap pagi bilang ke saya "Raim mau sarapan pake Mie jenis apa lagi?" hmmm. lumayanlah sarapan ala kota sesekali walaupun biasanya juga sarapan ala kadarnya.
sarapan ala kota

Oh iya saya belum beri tahu kalian hari ini saya mau bikin apa. hari ini pagi ini, saya dan beberapa bloger lainnya punya kesempatan untuk ikut trip bersama BPTJ Kemenhub menelusuri Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta. penasaran kan saudara-saudara? biasa saja im... :(

Tepat di DJoernal Caffe Gren Indonesia, kami berkumpul, menuggu anggota blogger lainnya. menurut saya ini kesempatan cukup baik saya punya kenalan baru blogger-blogger senior dan luar kota yang sempat beberapa kali saya ketemu dalam beberapa kegiatan. hehe jadi perkenalan dan tutur sapa sangat melengkapi hangatnya pagi hari di Jakarta.
lagi nunggu Bernavita

Beberapa, teman bloger yang lain berdatagan. btw Bernavita sahabat saya di Raim Bena cari makan (@youtube) dia super terlambat. menjadi peserta yang paling lama dan datang seolah-olah tidak ada dosa. inikan gawat, ternyata ada orang yg lebih para dari saya tentang waktu.

****

09:30 pasukan BPTJ Jakarta sudah berdatangan berpakain dinas putih-putih uda kaya tehel musolah ada juga beberapa rombongan manusia berpakaian seberti batik kebiru-biruan dimana itu sepertinya menandakan baju dinas Blue Bird.

Mereka datang salam-salaman. acara pagi dimulai dari sosialisasi BPTJ oleh pak Bambang selaku ketua BPTJ Kemenhub, dilanjudkan oleh  bapak berbaju dinas Blue Bird yang akan menjelaskan tentang status Jakarta dalam sudut pandang trasportasi.

Im, sebenarnya BPTJ itu apa? kau dari tadi bicara itu saja.

Haha, berdasarkan penjelasan pak Bambang yang saya cukup simak dengan telinga saya ini. BPTJ itu adalah lembaga yang kurang lebih mengurus bidang trasportasi Jabodetabek. BPTJ (badan Pengelolah Transportasi Jabodetabek). dia adalah badan yang mengelolah hal-hal yang berhubungan dengan trasportasi di Jabodetabek ini. jadi kalau kita lihat, angkot, kopaja, KRL, trans jakarta, dan lain-lain itu pasti identik dengan BPTJ.

BPTJ adalah lembaga yang baru berdiri dalam satu tahun belakangan, melalui saluran pernapasan, haha melalui kalau tidak salah melalui intruksi presiden langsung dibawah naungan Kemenhub yang didirikan atas dasar utuk memperbaiki wajah trasportasi jakarta.

Kenapa harus ada BPTJ?
Harus ada, pemerintah menilai bahwa kondisi trasportasi Jakarta sudah sangat memprihatinkan. sehari saja ada 5juta penumpang kendaraan umum di Jakarta berlalu lalang. jadi perlu adanya badan yang mengelolah ini. BPTJ juga berfungsi untuk menyelaraskan banya kekuasaan atau banyak kebijakan transportasi dari daerah Jabodetabek ini seperti Bekasi, Tanggerang, Depok dan Jakarta sendiri supaya tidak ada kebijakan yang tumpang tindih antara pemerintah daerah yang satu dengan yang lain.

Konsep BPTJ ini sebenarnya hampir mirip dengan sistem yang diterapkan dinegara-negara besar lain namun di Indoesia harus sedikit mengalami penambahan atribut lain karna mengingat Budaya kita yang berbeda dengan orang luar negeri. seperti budaya antri dan lain-lain.

Jadi BPTJ ini merupakan sebuah badan yang akan memperbaiki wajah pertransportasian jakarta dibeberapa tahun kedepan. hahaha.. karna sejatinya ada tujuh Poin Visi dari BPTJ yang saya lupa catat. haha tapi kurang lebih tujuannya baik salah satunya mengubah pola masyarakat untuk bangga menggunakan transportasi umum dari pada kendaraan pribadi. dan masih banyak lagi visi-visi lainnya yang akan saya jelaskan di paragraf-paragraf berikutnya.

pak Bambang menjelaskan

Setelah pak Bambang ada mas-mas dari JA Conektion dalam hal ini Blue Bird yang banyak memberikan informasi yang mencengangkan dunia ini. haha biasa saja im.

lanjud!!
Kita banyak mendapatkan informasi baru, tentang trasnportasi Jakarta salah satunya Blue Brit yang kita sering lihat dibandara dan dijakar jakarta itu usianya sudah 45 tahun. mencengangkan bukan? biasa saja im.

Dan yang menarik adalah sekarang ini, Blue bird taxy sudah terintergasi dengan Gocar aplikasi itu. jadi jangan heran kalau pesan Gokar, tiba-tiba dapat Blue birt. itu bukan supir yang nakal bukan. tapi sengaja diintegrasikan oleh pemerintah. mungkin biar tidak saling cemburu ya.

Yang paling aneh, karna semua orang tahu saya Stand up comedian, ya seperti biasa saya disuruh stand up yang ini menyebalkan sekali buat saya. pertama karna tidak ada persiapan, yang kedua. tidak dibayar. haha. karna saya jengkel sekali setiap ketemu orang disuruh stand up, padahal tukan sunat saja kalau ketemu orang tidak disuruh potong burung. dia pikir ini apa begitu.

Tapi ya, karna seperti saya bilang tadi suasana hati saya lagi enak. makanya saya maju saja tampil apa adanya. dan mungkin karna keiklasan dan apa adanya, Alhamdulillah. tidak lucu. haha lucu dong...

Nasib Komedian

****

Sesi naik Bus Ala Selebritis


Sesi ini adalah yang paling saya suka, dari grand indonesia, kita rombongan diarahkan ke menuju bandara soekarno hatta menggunakan Salah satu armada JA Conection Bis Blue Bird. dibagi dari dua kelas, kelas Blue bird yang reguler dan yang premium. beruntungnnya saya dan Bena dikasi kesempatan untuk naik yang premium ini bersama atasan-atasan BPTJ pak Bambang dan kawan-kawan. sisanya dibis yang reguler

kita sebut saja Bis ala selebriti. Bis ini, kalau kita lihat dari fasilitas, kita seperti tidak naik didalam bis, tapi seperti ada dalam pesawat. kita bisa dapatkan Wifi gratis, sandaran badan dan sandaran kaki, meja lipat untuk laptop, dan yang paling utama ada toilet. jadi tidak perlu takut kebelet saat macet.

fasilitas Selebritis

otw bandara kita 

Btw bis premium Big bird ini baru ada dua armada saja dan bisa disewa oleh umum untuk bis Wisata kota. sedangkan yang bis Big birt itu difungsikan untuk mengatar penumpang dari bandara ke Hotel dan perumahan elit, begitu pula sebaliknya. yang menjadi pertanyaan adalah kenapa harus diperumahan elit? ya kan mereka ini banyak mobil pribadi jadi merekapun memberikan sumbangsi yang banyak kepada kemacetan jakarta jadi dengan Big bird ini ya setidaknya bisa menurunkan macet.

Orang disamping saya ini namanya pak Sigit salah satu orang BPTJ saya banyak bertanya dan mendapatkan ilmu dari beliau tentang tranportasi jakarta dan fungsi dari BPTJ.

Beliau bercerita tentang masa depan transportasi jakarta dimana beberapa tahun kedepan  kita punya peluang itu. akan ada Kereta bawah tanah MRT yang bisa kita nikmat dua tahun kedepan.

Intinya cita-cita dari BPTJ ini adalah bagaimana mengalihkan peminat kendaraan pribadi menjadi ke kendaraan atau transportasi. dan jika diperhatikan dari tahun ketahun akan mengalami kemajuan yang pesat.

Sekarang kita pikir-pikir sebenarnya apa yang membuat orang lebih memilih kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. karna ada banyak masalah, sarana kurang, armada belum terlalu banyak juga. hanya dengan BPTJ semakin hari semua akan diperbaiki. dan jika itu terjadi ya kita juga akan sangat senang. tidak repot lagi untuk beli kendaraan pribadi dan beralih ke Transportasi umum yang menyenangkan.

Terus apa untungnnya kita niak transportasi masal?
Ya banyak, utamanya bukan hanya kepada kehidupan sosial kita yang akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya sebab kita itu orang yang tinggal dijakarta lebih lama hidup kita dijalan dibandingkan kualitas hidup kita dirumah bersama keluarga. dan yang lebih utama kita bisa membantu untuk menyelamatkan lingkungan jakarta ini yang kotor dari polusi kendaraan. apakah kau tidak sedih dimalam hari kita tidak bisa lihat bintang di langit gara-gara polusi Jakarta. hmm kita tidak bisa rayu cewe jakarta menggunakan gombalan rasi bintang. hmmmm

*****

sampe bandara Soekarno Hatta

Tidak terasa waktu berlalu. kita sudah sampai di bandara Soekarno hatta kebanggaan kita ini. disana semua anggota rombongan turun dan kita sempat singgah dibeberapa konter atau tempat pembelian tiket Bis dari bandara menuju kota penyangga Bekasi, Tanggerang, Depok dan Jakarta.

Pak Bambang kembali memberikan kuliah langsung didepan terminal satu bandara menjelaskan apa fungsi dari JA Conection dan armada mereka. btw BPTJ satupun tidak punya kendaraan atau armada trasportasi. BPTJ itu adalah sistemnya.

Ja Conection armadanya antara lain adalah Damri, Big Bird untuk mengatar ke Mall dan Hotel, PPD dari bandara kehotel,  dan Primajasa. kedepan kata pa bambam, sistem yang akan dibuat untuk pemesanan tiket ini akan semakin mudah bukan hanya dari konter tetapi kita akan memesan tiket bisa jalur aplikasi online.

Kita juga diberi kesempatan untuk jalan-jalan keterminal 3 adalah terminal yang paling megah di Bandara Sota ini. yang menarik adalah diakhir tahun ini pembangunan kereta APMS akan selesai. bagi kalian yang tidak tahu APMS adalah transportasi kereta gantung mirip LRT yang akan melayani kita dari satu terminal keterminal lain. gratis dan pemberangkatan setiap 5 menit. tapi walaupun demikian sejauh ini suda ada bis antar terminal yang bisa kita nikmati secara gratis pula.

Btw kita sudah sampai dipenghujung tulisan. setelah dari terminal bandara kita melanjudkan perjalanan menuju salah satu rumah makan yang ada ditanggerang untuk melaksanakan makan siang yang tertunda dari jam 12 tadi.

Senang rasanya bisa trip dan mendapatkan ilmu diwaktu bersamaan. moga dapat banyak kesempatan yang seperti ini lagi. terimakasih suda jadi bagian dari perjalanan saya. untuk kamu pembacaku. I love you


beberapa foto dokumentasi sayang dibuang.

makan siang yg tertunda


pak bambang tes pegawai, hahah


Raim Bena Cari masalah



yg Ditengah namanya pak Beni bos dari makassar


pasukan BPTJ

Pasukan Blogger Fun Trip


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord guitar Lagu Suasana Rumah Raim Laode

Setelah CEMBURU, Raim Laode Cerita Lagu Kedua SUASANA RUMAH Rilis 21 Maret 2019

Lirik LAGU SUASANA RUMAH BY RAIM LAODE