Thursday, February 9, 2017

Derakos (derita anak kos ) catatan harian Laode

setiap tulisan saya selalu dimulai dengan whatsap, tidak tahu kenapa. sebelumnya saya mau bilang terimakasi kepada kamu pembaca setia blog saya kamu adalah jantung dari ide saya berbagi pendapat dan cerita tentang hidup. jadi jangan tingglakan saya.

anak kos mana suaranya.. kali ini saya akan membahas masalah yang sangat krosial, tentang kosan, anak kos, kontrakan satu kamar atau apapun yang kita sebut dengan istilah masing-masing. mari untuk mempermudah pembahasan kita sebut saja Derakos
atau derita anak kos.

ada banyak penderitaan yang kita rasakan sebagai anak kos sepertinya saya juga cukup mahir untuk menjabarkannya karna ini adalah hidup saya, hampir 5 tahun terakhir ini saya tinggal dikosan. adapun masalah-masalah yang sering dirasakan oleh anak kos sangat berfariatif seperti masalah konsumsi, masalah sumber air, masalah wc mampet, masalah listrik dan yang paling utama adalah masalah bayar kosan.

mari kita mulai dari masalah toilet.
masalah toilet adalah masalah yang sangat krosial, karena ini berhubungan dengan kelangsungan hidup seseorang. kau kalau tidak buang air, pasti tiga hari kita meninggal dunia, karna  itu adalah kebutuhan, kita butuh untuk membuang sisa zat makanan yang tidak berguna didalam tubuh untuk melangsungkan kehidupan kita.

toilet kosan juga sangat berfariatif, yang dialam kosan adala toilet yang diluar kosan. pintu kosan juga sangat berfariasi ada pintu kosan yang dibuka seperti pintu biasa, ada yang digeser seperti gerbang sekolah, dan ada yang diangkat seperti pintu rusak. ini biasanya kita temukan dikosan yang murah.

tapi yang paling sial adalah misalkan kita punya toilet luar adalah kita biasa temukan kejutan pada toilet yang misterius, ya betul tokai mengambang dari orang yang tidak bertanggung jawab. maksud saya siapa orang yang tidak bertanggung jawab ini. maksud saya koruptor saya kalau boker dia pasti siram ini tidak.

apa yang ada didalam pikiran orang ini, dia boker tidak siram tokainya dia, apa motifasi dia, apakah karna dia sombong dia orang kaya, mau tunjukan bahwa dia baru saja selesai makan ayam, jadi masih ada sisa daging ayam rica-rica ditokainya. untuk apa?.

motifasinya apa? apakah dia adalah orang sedederhana yang mau tunjukan tokainya hanya terbuat dari tumpukan nasi dan mie instan yang menguning atau apa? tujuan kamu apa. untuk orang-orang seprti ini tolong bersadarlah sebelum azab Tuhan datang kepadamu. karna ini meresahkan.

bukan apa-apa, masalahnya adalah ketika kita tiba ditoilet dengan tokai yang mengambang ini apa yang harus kita lakukan, pasti kita yang berkewajiban untuk siram. kaya kita yang punya tanggung jawab atau apa yang dia lakukan. dia yang buat gol masa yang selebrasi, ya kau rayakan sendirilah.

kita juga otomatis langsung siram, dia tenggelam tak berdaya. pasti kita lansung siram, tidak mungkin kita lihat kejutan itu kita lakukan inestigasi, ambil kaca pembesar. besar, hitam, jahat pasti orang timur, tidak mungkin, karna mana ada tokai yang keriting. sekejam-kejamnnya orang timur pasti tokai kami sama dengan kalian orang jawa ini.

untuk kalian yang punya kebiasaan ini sadarlah.

masalah selanjudnya masalah konsumsi.
masalah ini adalah masalah yang paling saya kuasai selama lima tahun saya melakukan riset dan saya banyak mendapatkan kesimpulan-kesimpulan kecil. jadi cara makan kita saja sangat berbeda dengan manusia pada umumnya.

kaya kita pacaran. anak rumahan kalau telponan pacarnya bilang “sayang kamu malam ini kamu makan apa?” itu anak rumahan. hidup mereka hampa tidak ada tantangan. kalau anak kos beda, basa basi kita beda. pacar kita telpon dia bilang “sayang, malam hari ini kamu makan mie jenis apa?”

mie jenis apa. hahah kita tahu persis itu jenis mie yang berdar di indonesia. bahkan sering kita keminimarket untuk beli mie dalam jumblah banyak persediaan semianggu tapi dengan jenis dan judul mie yang berbeda-beda.

hahahaha kalau kau dikampus lihat mahasiswa yang duduknya miring-misring setiap 5 menit ganti posisi saat mata kuliah berlangsung. ha itu anak kos. kenapa? pantatnya gatal, tiap hari makan mie.

seperti yang saya bilang anak kos adalah pejuang. karna dengan situasi kadang kita menjadi kreatif, kaya bidang konsumsi ini. masak mie didalam rais kuker, inikan inovasi besar harus dilestarikan. ini harus dicatat dalam sejarah repoblik indonesia, agar mereka tau bahwa negara ini dimerdekakan oleh anak kos.

jangan salah, Soekarno, Tan Malaka, Kurtosuworyo. semua pernah ngekos tepatnya dirumahanya Cokroaminoto  di Surabaya. baca sejarah biar tidak buta wawasan. haha. bahkan tidak sedikit ide-ide  besar untuk bangsa ini yang lahir dikos-kosan ini.

itulah mereka remaja disaat itu berkumpul dikosan bicarakan bangsa. remaja jaman sekarang berkumpul di kosan apa yang dilakukan? mabok lem. sembarang. hahaha.. ups,..


bersambung…

4 comments:

  1. Wah.. bener banget, nih..
    Walau saya bukan anak kos, tapi sempat merasakan juga saat numpang nginap di tempat kos teman...

    ReplyDelete
  2. Nanti gantian intip blog ku juga ee kene :D

    ReplyDelete
  3. Masalah konsumsi memang benar,apalagi kalo tanggal tua makanan anak kos pasti mie instan hehe

    ReplyDelete

Masih Hangat Utk Dibaca

MENIKMATI MACET JAKATA #OpiniLaode

Jakarta. Semua orang tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota negara republik Indonesia yang kita cintai ini. sebagai ibu kota tentulah Jakarta pas...