“Suangge” Hantu Kepala yang malang, Cerita Dari wakatobi yang terlupakan (cerita Raim Laode)

Kurang lebih ciri-cirinya demikian
pada dasarnya indonesia adalah negara kaya, selain kaya dengan bahasa, budaya, kita juga kaya dengan spesies hantu yang sangat berfariatif. ini merupakan salah satu aset yang harus kita syukuri dan lestarikan karna ini tidak ditemukan pada bangsa lain.

Indonesia spesies hantunya sangat banyak. ada yang hanya berjalan diatas bumi seperti pocong yang meloncat, tuyul yang mencuri, suster ngesot yang sarjana tapi tidak bisa jalan dan tidak pake kursi roda.. ada yang didalam bawah air dan ada juga spesies hantu yang menguasai udara, seperti genderuwo, kuntilanak, dan lain-sebagainya. untuk info detail silahkan google sendiri sudah 2017 ini.

sebagian masyarakat indonesia pasti akan familiar dengan hantu satu ini. adalah “Hantu Kepala” yang masih merupakan spesies hantu dari family kingdom hantu yang menguasai udara. punya kelebihan bisa melepaskan kepala dan organdalam tubuhnya berpisah dengan badan dan terbang mencari mangsangsa yang biasanya bayi-bayi belum lama lahir. jadi selain sangar, spesies hantu ini “Pedofil” karna suka memangsa gadis dibawah umur.

berdasarkan penelitian saya, dinegara kita penyebutan untuk spesies hantu ini berbeda-beda seperti di Papua hantu kepala disebut “spok” dibeberapa daerah disulawesi disebut “popo” mungkin didaerah kamu juga punya nama tersendiri. nah di kampung saya wakatobi kami sebut beliau dan familiar dengan sebutan “suangge”.

kalau dipikir-pikir, hantu ini masih diragukan status dia apakan termasuk spesies hantu atau tidak. karna suangge ini adalah manusia yang punya kemampuan seperti hantu itu dimana dia melepaskan kepala dan organ badan bagian atas dari tubuhnya. biasanya dilakukan dihutan yang banyak pepohonan lalu terbang seperti cahaya dan mencari korban.

korbannya adalah anak-anak yang masih bayi dan belum lama lahir konon katanya dengan memangsa bayi berguna untuk memperpanjang usia dia didunia. padahal kita tahu semua tidak ada yang abadi didunia karna semua yang hidup akan mati meninggalkan dunia, semuanya begitu pula dengan cinta yang kamu banggakan-banggakan di instagram dengan hastage “love Forever” cuiiihhh

untuk kami anak-anak disana kata suangge ini adalah kata yang sangar didengar dan kita takut karna tidak bisa dipungkiri bahwa kampung kita ini masih sangat melekat dengan budaya yang mistis-mistis. bahkan orang-orang masih banyak yang lebih percaya dukun dari pada dokter untuk menyembuhkan penyakit.

keluarga saya masih percaya dukun. seperti pernah suatu ketika adik saya yang masih kecil panas tinggi, bapak saya panik, mama panik semua panik karna dukun langganan keluarga kami yang sudah turun temurun kekampung sebelah, saya tidak tahu urusan apa dia kekampung seblah tapi yang jelas tidak mungkin jadi pemateri seminar motivasi.

saya dan kakak sibuk cari dukun sekitar kampung tidak ada. sampe bapak saya menyerah dia bilang tolong telponkan dokter. terpaksa saya telponkan dokter. kata bapak saya sudah tersambung “halo doktder,… anak saya ini panas tinggi”. jawab dokter “ada apa bapaknya raim, jadi apa yang bisa saya bantu”. langsung jawab bapak saya dengan santai “tolong carikan dukun kenalan dokter”.

pokonya mistis itu adalah hari-hari kita yang tinggal dikampung. saking sangarnya kata suange ini kita anak-anak wakatobi kalau tidak mau habiskan  makanan saat makan malam, biasa kita diancam ibu habiskan makanan kalau tidak habis nanti saya panggilkan suangge.

walaupun jika kita perhatikan sekarang budaya ini sudah mulai hilang tergerus oleh jaman. sekarang anak-anak kalau tidak habiskan makan diancam ibu kita ancam “nanti saya panggilakan pak polisi kalau kamu tidak habiskan makanan”. saya tidak tahu mengapa. ataukah mungkin karena mereka dua sama-sama ababil dan pedofil memangsa yang muda-muda. tapi itu oknum..

pada dasarnya saya dan keluarga sudah sangat terbisa dengan suasana mistis ini, kenapa? karna di samping rumah kami ada tempat pemakaman umum, bukan hanya sebelah tapi kanan kiri kuburan. jadi nuansa seperti ini untuk keluarga saya tidak terlalu asing lagi. jadi kita sudah semacam bro dengan mereka. bukan berarti kita bersekutu mereka itu setan bukan belanda.

tapi justru saya tidak terlalu sedih dengan keadaan ini, bahkan saya bangga dengan indonesia bukan hanya manusia dan alam kita yang kaya. hantu juga seperti itu kaya akan jenis-jenis. karna menurut saya definisi kaya itu sederhana adalah kita punya apa yang orang lain tidak punya.

hanya saya sedih sekarang ini apa? karna pengaruh moderenisasi hantu ini sudah tidak mulai populer dikalangan remajah dan anak-anak. ketenarannya sudah dikalahkan oleh hantu-hantu seperti pocong dan suster ngesot. memang mereka hantu seleb sih, sering masuk tv.

lebih parahnya lagi apa? sekarang kita ketahui bersama pembangunan gedung dimana-mana, hutan mulai dibukakan lahan untuk gedung-degung tinggi. inikan kasihan suanggenya habitat mereka direnggut. harusnya mereka protes lakukan aksi kepemerintah, jangan Ahok terus yang digugat. kita juga malas nonton berita ahok terus yang digugat.

seru sepertinya tidak nonton atau baca berita judulnya “ribuan aktifis bersama fron pembela suangge aksi demo didepan kantor DPR menuntut untuk menolak peluasan lahan hutan untuk proyek-proyek rumah elit dan ruko yang mengancam habitat suangge”

lagian kalau hutan itu hilang, mereka mau nongkrong diamana? tidak mungkin didepan ruko. kan seram. demikan cerita dari tempat saya. ini ceritaku, mana cerita kamu.

intermezo

ada yang tanya kesaya “kak raim kenapa menelus blog terus pembacanya sedikit? jawab saya adalah sederhana “bisa saja dari antara sedikit ini ada seorang pembaca yang terinspirasi untuk menulis juga” sehingga saya menantikan suatu hari ada inbox dari dia “kak ini link tulisan saya, saya menulis gara-gara sering baca tulisan kaka”

Komentar

  1. Di Kalimantan juga ada hantu yang mirip drone begitu.. Di sini disebut Hantu Kuyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo.. Bagus juga.. Moga mereka bisa ketemu silaturahmu sesama hantu

      Hapus
  2. Mana yg lebih menyeramkan, antara hantu atau dosen pembimbing yg killer??? -_-

    BalasHapus
  3. Wakatobi sdh punahmi itu suangge masih terbang dia hantu skrng sudah punya motor semua jadi sudah modern adami juga sampinganya sambil ojek wkwk

    BalasHapus
  4. Yuhuuu :v Gokil ka raim 😂😂
    Tetap Berkarya Kaka :)
    Love more deh 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bosan2 untuk Baca ya.. Tinggalkan komen juga. Jgn takut mengkritik

      Hapus
  5. Hahaaa...
    Kirain td bneran horor crtanya..

    BalasHapus
  6. kalau orang bugis mah, bilangnya hantu poppo.. hahaha😂😁

    BalasHapus
  7. Ngerinya thu gbrx. Tpi emangnya yg bgituan bnar iya ? So dikampungku ada yg crita juga tpi sampai skrng blom ada yg liat scara nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dia masih misteri. Hahaha dasar hantu penasaran

      Hapus
    2. Wah hrus dicari tahu thu, jgn sampe hingga kiamat msih pnasaran haha

      Hapus
  8. Ngerinya thu gbrx. Tpi emangnya yg bgituan bnar iya ? So dikampungku ada yg crita juga tpi sampai skrng blom ada yg liat scara nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ogh,,, bgusx mlm minggu sj da kluar dgn pnasarannya thu hehe

      Hapus
  9. Kak Supaya suanggenya populer. Di ikutin ajah di stand up comedy wkwkwkwkw.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Bangga jadi anak wakatobi...
    Seharusnya pemerintah dan masyrakat membangun pembudidayaan suangge dan spesies hantu lain, spya spesies hantu di wakatobi tidak punah, agar anak cucu kita bisa merasakan pakii kii dari onitu wakatobi, hihihihi

    BalasHapus
  13. Owh Iya,. Di Thailand juga ada hantu Suanggi bang..
    Dlu waktu SD sering nonton filmnya..
    Si Suanggi udah lebih terkenal dan berklas dari hantu2 Indonesia yg Lain, udah kelas Internasional Bang .. wkwkwk

    BalasHapus
  14. Nyasar ke sini gara-gara si dzikri..
    Ini kenapa cerita setan tapi kok gue malah ketawa-ketawa ya :))
    Btw, kalo di SulSel kalau gak salah namanya parakang. #cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tepat. Makasih suda baca ya.. Asekk

      Hapus
    2. Ngarang..
      Lain jg itu parakang...
      Ini poppo..
      Parakang = sejenis siluman yg bisa menjelma jadi apa sj (biasanya berwujud binatang)
      Poppo = seperti cerita diatas (terbang dgn kepala dan isi perut)

      Hapus
  15. Raim. Bagusnya itu suangge kita undang utk perayaan ulang tahun wakatobi. Sapataw bisa kerjasama parade kembang api. Drpd beli kembang api. Mending suruh suangge atur formasi dan menyala-nyala di udara.

    BalasHapus
  16. Raim,gokil abis tulisanx....lanjutkn

    BalasHapus
  17. Pengaruh pembangunan....suanggenya tidak ada lokasi buat MANARI BULA lagi...sukses selalu la ija....

    BalasHapus
  18. Pengaruh pembangunan....suanggenya tidak ada lokasi buat MANARI BULA lagi...sukses selalu la ija....

    BalasHapus
  19. Hahaha iya kasihan mereka ya..

    BalasHapus
  20. Ajak kejakarta aja bang rahim...biar ikutan syuting film horor jg..jgn cm pocong ama kuntil yg jd artis..biar bikin film BOX OFICCE...HANTU ELITTE atau THE AVENGERS versi hantu..wkwkwkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord guitar Lagu Suasana Rumah Raim Laode

Setelah CEMBURU, Raim Laode Cerita Lagu Kedua SUASANA RUMAH Rilis 21 Maret 2019

Lirik LAGU SUASANA RUMAH BY RAIM LAODE