WAKATOBI WAVE 2016 16-18 Desember . Mai Kua Wakatobi


ayo jalan jalan ke Wakatobi akhir tahun ini.




Mai kua Wakatobi, itulah kaliamat kami orang Wakatobi untuk kalian orang diluar Wakatobi yang artinya "ayo ke wakatobi" ini adalah ungkapan yang santun untun mengajak orang ke wakatobi
.

Didesember ini dikampung saya akan ada acara lagi, tepatnya dipulau Wangi-Wangi dengan tema Wakatobi Wave ini bisa dibilang sebagai acara tahunan untuk daerah saya yang rutin dilakukan dan dirangkaikan dengan ulang tahun wakatobi yang ke-13 tahun ini.

Wakatobi Wave akan diselenggarakan dari tanggal 15-18 desember 2016 kamu bisa lihat jadwaknya diatas. akan ada banyak kegatan budaya dan adat istiadat wakatobi yang akan kamu lihat disana

Apa Saja yang Akan kamu Lihat?

1. Karia'a
kamu akan lihat Kariya'a  adalah budaya untuk merayakan pubertas haha,. tidak, kariyaa adalah bisa dibilang sunatan untuk laki-laki, dan untuk perempuan sebagai tanda dia sudah dewasa. nah wanita-wanita yang suda dewasa ini akan diarak menggunakan kansoda'a (bisa dibilang sebagai tumpangan) keliling kampung oleh pemuda yang suda dewasa.

dari Kansodaa ini kamu akan melihat wanita-wanita cantik wakatobi dan juga kebersamaan dan keramahan orang-rang wakatobi bersama-sama melaksanakan aktivitas ini.

untuk kamu pencinta fotografer dan budaya ini adalah pemandangan yang tidak akan kamu temukan ditempat lain.

kariya'a
gadis gadis cntik yang saya bilang tadi
2.kabuenga

kabuenga'a ini adalah budaya yang paling saya suka, dimana kabuenga artinya adalah ayunan. dan vestifal budaya ini dilakukan biasa diakhir tahun untuk merayakan pemuda-pemuda wakatobi yang baru pulang selesai merantau diluar daerah berbulan -bulan bahkan bertahun-tahun.

disini kamu akan lihat sesuatu yang belum pernah kamu lihat. kiarna budaya ini juga bisa bilang sebagai ajang cari jodoh. nanti kamu saksikan sendiri

lebih jelasnya sampe disana kamu tanya sendiri ke penduduk. jangan takut kamu tidak dijawab karna semua masyarakat tau makna dan tujuan budaya ini. dan kesenangan kami adalah membuat tamu senang .
Apalgi yang akan kamu lihat?

untuk Vestifal budaya bukan hanya itu yang akan kamu lihat, tapi masih banyak lagi seperti yang tertera dijadwal ada expo budaya kamu akan lihat tentang peradaban wakatobi yang tidak akan kamu bisa temukan dibuku saja, tapi kamu bisa lihat langsung.

ada juga Panjat Pinang diatas Laut, kamu bingung kan? yaa makanya datang kesana desember ini. bukan hanya itu kamu juga akan ketemu dengan saya di puncak acara tanggal 18. tidak penting!!!

Lomba Mancing Mania, jadi kamu akan lihat ini langsung didepan mata kamu, bukan hanya dilayar kaca televisi.

dan masih banyak lagi.

bagaimana saya ke wakatobi?

itu pertanyaan bagus, hahaha.. untuk menjawab pertanyaan itu sangat mudah, ya pake traveloka bisa dll, pokonya untuk pesawat dari Makassar sampe ke Wakatobi sudah ada pulang bale bisa dengan biaya 500 sanpe 700ribu.

kalau mau jalur lain kamu juga bisa lewat Kendari Sulawesi tenggara, dari situ kamu bisa naik kapal ke wakatobi selama 10 jam, hahah tapi untuk kapal dihari hari tertentu saja Senin, selasa, kamis dan saptu dengan estimasi dana 200 ribu. tapi 10 jam dikapal saya jamin ke kamu 100 persen tidak akan bosan karna kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang akan kamu lihat.

tapi naik peswat juga bisa dari kendari ke wakatobi dengan estimasi dana 500 sampe 700ribu. silahkan cek di Traveloka, pegi pegi dot com dan lain-lain. jangan malas

disana tinggal dimana?

pertama-tama wakatobi itu bukan daerah yang tertinggal. kamu disana tidak akan tinggal di Gua, di Atas terumbu karang, di atas pohon. tidak tidak tidak teman.

disana ada banyak hotel dan penginapan dengan harga murah, dari yang 100-500 ribu ada permalam, atau kalau kamu mau yang mahal di Resort saja tapi butuh dana yang lumayan juga, silahkan cek di Traveloka lagi, atau apapaun itulah.

cara lain adalah, sampai di bandara atau di pelabuhan tanya saja ke orang-orang situ. kalau bisa kamu cari penginapan yang didaerah Wanci karna bisa dibilang disutulah puasat kegiatan acara.

kalau tidak ada uang yaa,.. kamu masuk ke rumah warga kasi tau "Wa Ina (sebutan ibu untuk orang wakatobi) saya pendatang numpang inap dirumah bisa?"  itu saya yakin kamu pasti di izinkan. sumpah,

kalau kamu tidak enak lagi dan sungkan, kamu tanya ke orang dimana rumahnya Raim Laode terus inap dirumahku saja. kasi tau mamaku kamu temannya Raim.

kenapa? karna kepuasan kami Wakatobi adalah melayani tamu itu saja.'

bukan hanya sekedar Vestifal budaya yang akan kamu lihat tapi juga sistem kemasyarakatan yang tidak akan kamu lihat di Kota kamu tinggal. sumpah saya bilang bigini karna saya sudah bandingkan.

Berapa Dana yang Saya Siapkan?

untuk persoalan dana tergantung gaya hidup kamu juga sih, pokonya kalau untuk makan kamu tidak akan kesusahan karna makanan disana sangat murah dan ikannya sangat segar. jadi dana yang akan terkuras hanya sebagian besar di transportasi dan penginapan. untuk transportasi jika kamu dari jakarta dananya sebesar 2 sampe 3 juta pulang balik pesawat. penginapan untuk beberapa hari 1 juta, sisanya ya untuk makan selama seminggu 1 juta tidak akan habis. jadi ditotal2 kamu puanya uang lebih dari 5 juta kamu suda bisa menikmati keindahan berparawisata dikampung saya.


Pesan Raim Laode
Pesan saya untuk kamu yang akan ke Wakatobi, tolong pelihara kebersihan tempat wisata, karna kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah jadi tolong pemandangan itu jangan kamu kotori dengan sampah plastik dan lain sebagainya.

Pesan yang lain juga, kamu jangan terlalu takut kamu akan tersesat dan tidak tau arah jalan pulang. bertanyalah kepada masyarakat dengan baik maka kamu akan dibimbing dengan baik juga, karna kewajiban kami adalah menjadi tuan rumah yang baik untuk kalian.

Pesan yang lain juga kalau kamu pergi kesana saya jamin kamu akan mendapatkan banyak destinasi selain wisata budaya, alam dan lain sebagainya. jadi abadikan momen kamu ke sosial media, Instagram, Twiter dan Facebook beri komentar positif dan jangan takut untuk mengkritik juga. tunjukan kamu adalah orang indonesia yang bangga dengan Indonesia.

untuk info lebih lanjud dan lebih detail tentang wakatobi bisa kunjungi

www.wakatobi.com
www.visitwakatobi.com

akun sosmed
@Visitwakatobi  (Instagram dan Twitter)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord guitar Lagu Suasana Rumah Raim Laode

Setelah CEMBURU, Raim Laode Cerita Lagu Kedua SUASANA RUMAH Rilis 21 Maret 2019

Lirik LAGU SUASANA RUMAH BY RAIM LAODE