La Ode ganti nama dari Raim Karana jadi Raim LaOde (Catatan harian La Ode #6)




Heyyy. Kembali lagi di catatan hariyan La Ode.

Ada banyak pertanyaan yang masuk padaku akhir-akhir hari ini tentang mengapa La Ode bisa sampe ganti nama dari Raim Karana menjadi Raim LaOde. Banyak sekali pertanyaan kalau tidaksalah sebanyak dua orang yang bertanya. Pertama adalah kakakku dan yang kedua adalah mantanku yang ternyata dia adalah transjender.

Jadi akan kujelaskan.

Sebenarnya hal ini sudah lama ingin La Ode lakukan tapi baru dua hari yang lalu saya dipatekan dengan nama yang sekarang. “Raim Karana” ini adalah nama akun Facebook, Twitter dan bahkan blok yang sekarang adalah RaimKarana juga.

Pada dasarnya kecenderungan kita membuat sebuah akun apapun diInternet, itu selalu berlatarbelakangkan apa yang kita minati pada saat itu. 

Kecenderungan remaja kampung adalah membuat akun  mereka dengan apa yang diminati misalkan Ayu Cayang ama kamu. Dian selalu ingin dimenerti, atau kepsek selalu ingin didengar. Pokonya hal hal seperti itulah yang terjadi ketika orang dizaman itu membuat akun FB (zaman sma). jaman saya sma waktu itu saya ingat morgan masih memakai bikin saat manggung kurang lebih seperti itu.


Tapi yang jadi masalah adalah dizaman itu saya adalah seorang remaja berjerawat yang minat dengan Pramuka. sehingga yang terjadi saat itu adalah apapun yang saya lakukan selalu berhubungan dengan Pramuka misalkan saya memasak air dengan menggunakan kayu bakar padahal ada kompor saat itu kompor gas juga. Kebiasaan itu menular ketika akun tersebut saya bikin makanya namanya jadi Raim Karana. “Karana” berasa kata Praja Muda Karana (pramuka) yang artinya berkarya.

Jadi kenapa dinganti menjadi Raim LaOde.

Inilah yang terjadi ketika sampai sekarang (kuliah smster 6) apakah saya masih minat dengan hal tersebut? Pasti akan saya jawab masih tapi apakah ini akan selamaya? Kayaknya tidak karena ketia saya akam minat lagi dengan hal yang baru tentu akan saya ganti lagi. Iya.. karena minat kita kadang itu silih berganti.

Jadi akan aneh natinya jika dari Raim Karana menjadi Raim SepakBola ganti lagi jd Raim Betminton dan lain-lain sebagainya. Akhirnya kepikiran buat La Ode kira-kira nama apa yang tidak punya tanggal kadarluarsa dan tidak termakan oleh zaman.

Jadi seperti inilah saya mau jadi diri sendiri. menggunakan nama yang sebenarnya berasal dari kedua orangtua saya yang bisa jadi itu berisi tentang harapan dan doa yang baik-baik. Makanya diganti jadi Raim LaOde. Semenjak 1 Februari 2015 semua akun Fb, Twiter menjadi Raim LaOde.

Kenapa harus menjadi La Ode?

Hal lain yang membuat saya berpikir untuk menggantinya adalah tentang identitas ini. Bahwa “La Ode” bukan hanya milik beberapa orang saja. Tapi ini salah satu identitas dari Sulawesi tenggara. Sehingga jika nanti karirku akan keluar daerah ini. Maka akan ada jawaban dan penjelasan tentang pertanyaan mereka bahwa La Ode itu apa??



Komentar

  1. La Ode di Jawa sudah sangat tenar. Dan yg megang adalah identitas orang Muna. Bahkan Buton tak sanggup ambil bagian. Semoga dataku keliru tp orang besar di Jawa mayoritas dari etnis Muna. Tidak ada yg salah, cuma akan berasa beda saja jika Wakatobi pun "ngoto" haha.

    Next, edit tulisan sebelum di publish. Gak nyaman dibaca. Capek memperbaiki hahaha. Cuman saran! Gak mesti komedi kalau mengklarifikasi #andalan hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord guitar Lagu Suasana Rumah Raim Laode

Setelah CEMBURU, Raim Laode Cerita Lagu Kedua SUASANA RUMAH Rilis 21 Maret 2019

Lirik LAGU SUASANA RUMAH BY RAIM LAODE