Friday, September 26, 2014

SENIORITAS ATAU KAKAK ADIK

oleh : La Ode Raimudin


Tulisan ini diperuntukan untuk adik-adik saya dikampus UHO yang sejatinya masih dalam keadaan mahasiswa baru (Maba) dalam artian semester pertama dalam dunia perkuliahan (zaman semester satu).
Ada banyak hal baru yang akan kamu dapatkan ketika menginjakan kaki didunia perkuliahan. Hal-hal baru itu akan menjadi hal-hal baru yang bersifat positif dan hal-hal baru yang negative dan saya yakin kamu akan mendapatkannya dan mulai heran dimasa-masa pertama ini.
Hal-hal positifnya adalah salahsatunya kamu punya kesempatan untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan dan tidak terwujud dizaman kamu sma, seperti memanjangkan rambut, memanjangkan kumis, serta rambut-rambut yang lain yang menurut kamu perlu untuk dipanjangkan.
Hal-hal buruk yang kamu rasakan dizaman semester satu ini adalah harapan kamu itu tidak sesuai dengan keadaan. Ketika ada niat untuk memanjangkan rambut kok malah dipotong sama senior-senior kamu. Dan yang paling parah malah yang menggunting rambutnya lebih panjang dasri yang digunting. Tapi tenag saja itu hanya aka nada pada semester ini sabar saja dulu.
Senior tidak pernah salah, kalau salah berarti yunior adalah penyebabnya. Kalimat ini adalah kalimat yang sering akan kamu dapatkan ketika berada di semester ini. hmm,.. hidup tidak adil.  Tidak tau kalimat ini selalu ada setiap tahun. Apakah ini betul, yaa,.. saya rasa tidak terlalu betul.
Tapi, kenapa ini bisa terjadi, karena hal ini dilakukan ditahun sebelumnya dan yang terjadi adalah istilahnya pembalasan tahun depan kepada orang yang berbeda. Dimasa ini dizaman semester satu kamu akan mendapatkan banyak gambaran yang buruk tentang kampus walaupun sebenarnya tidak mewakili keadaan yang ada.
Sebagina dari senior itu menuntut untuk dihargai dan kecewa terus marah jika tidak dihargai.  tapi mari kita liat apakah hal ini baik,.. yaaa tentu saja tidak. Tapi kadang kita sebagai senior juga yaa harus tau diri juga apakah yang kita berikan itu adalah contoh yang baik dan membuat kita pantas dipanggil abang atau dipanggil kakak.
Jika mau memilih saya mau dianggil abang atau dipanggil kakak, saya pasti pilih yang kedua. Tapi apakah saya juga sudah pantas untuk dipanggil kakak atau malah seharusnya malah pantas dipanggil abang juga. Hmm,. Mari kita Tanya pada rumput yang bergoyang, awan yang melanyang dan kumis yang merambat.
Kamu sebagai manusia yang hidup dizaman semester satu harunya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang pantas untuk dipanggil abang dan mana yang pantas dipanggil kakak. Ini menjadi penting supaya kamu tidak terdoktrin dengan hal yang buruk diawal kuliah.
Karena beda zaman kuliah dengan zaman sekolah,. Dosen adalah mahluk dari planet lain yang punya bahasa berbeda dengan guru yang kita dapatkan dizanan kita sekolah. Jadi pendekatan yang harus kamu lakukan beda dengan zaman itu.
Untuk yang merasa dirinya lebih tua dan hidup dizaman bukan semester satu, saya punya pesan untuk kita semua. Senioritas tidak ditentukan oleh usia siapa yang tua dia dipanggil senior. Bukan,.. senioritas itu sejatinya ditentukan oleh pengalaman, karena belum tentu yang muda ini selalu lebih bodo dari yang tua..
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah senioritas harus dihapuskan dibumi kampus ini,.???. hmm,.. saya pasti jawabnya tidak.. tapi harus dengan hati yang iklas dalam artian oranglain menghargai kita bukan karena ada unsure paksaan dan sandiwara belaka.
Perhatikan senyum dari adik-adik itu, kadang ada dari senyum merekan  terihat aroma ketidakiklasan dalam melakukannya. Didepan senyum dibelakang cemberut. Apakah ini salah mereka?? Mari  kita Tanya lagi pada rumput yang bergoyang, awan yang bergerak dan kumis yang merambat.
Yang menjadi dambaan adalah,.. yuniar dan senior akan saling menyapa dengan iklas karena yang kakan pantas dibilang kakak, dan yang adik juga pantas dibilang adik.
Ayolah,.. Muff oN,.. kita sudah merdeka,.. jangan lagi jajah anaknya orang.. beri mereka contoh yang baik, beri mereka sengat dalam belajar,. Saya kira kakak yang baik adalah kakan yang selalu memberikan contoh yang baik kepada adiknya. Mereka sudah dewasa dan sudah bias urus diri sendiri..
Hm… akhirnya kita haris berpisah,.mohon jangan ada yang tersinggung dengan tulisan ini, yaa namanya juga pendapat, ada baiknya diabadikan dalam tulisan dan mungkin akan menjati catatan sejarah dalam hidup kita..
AKU PERCAYA AKU AKAN MENJADI ORANG HEBAT DIMASA YANG AKAN DATING MAKANYA AKU MENULIS.


oh iya yg mau komen2 klik ke sini aja,..
Fb : Raim Karana 

No comments:

Post a Comment

Masih Hangat Utk Dibaca

MENIKMATI MACET JAKATA #OpiniLaode

Jakarta. Semua orang tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota negara republik Indonesia yang kita cintai ini. sebagai ibu kota tentulah Jakarta pas...