Monday, September 23, 2013

binatang mitologi wakatobi,.. by raimudin


Binatang mitologi wakatobi
by la ode raimudin

Binatang –binatang mitologi yang ada di wangi-wangi adalah salah satu betuk kepercayaan animism dan dinamisme yang di percayai sebelum masuknya peradaban agama islam ke dalam dartan Wakatobi khususnya di tanah Wangi-wangi. Namun karna kultur dan nilai-nilai budaya yang sangat di jaga oleh masyarakat, kepercayaan tentang hal-hal yang seperti ini sangat sulit di hilanggkan. Bahkan sampai sekarang di era yang modern yang sangat canggih ini, masih ada sebagian masyarakat yang percaya dengan kepercayaan tentang kekuatan dari hewan mitologi. sangat banyak kepercayaan seperti ini di kalangan masyarakat di antaranya binatang mitologi Wangi-wangi seperti lafero, imbu, dan dhau dhau lonto.

1.    Lafero
Lafero adalah salah satu binatang mitologi yang di percayaai oleh beberapa masyarakat yang ada di wangi-wangi khususnya di masyarakat Wanci. Di gambarkan lafero adalah binatang yang memiliki kaki seperti ayam dan dengan kepala seperti ular serta memiliki telinga yang agak lebar serta berkokok seperti ayam. Oleh karena itu di sebut lafero. Dari sudut pandang bahasa wanci Lafero memiliki arti sebagai berikut “la” artinya kata ganti nama panggilan untuk (laki-laki) sedangkan “Fero" artinya adalah telinga lebar jadi artinya Lafero adalah binatang jantan yang memiliki telinga yang lebar.
Lafero di percayai adalah binatang yang jinak dan di cari oleh masyarakat karena di percayai bahwa Lafro memiliki kemampuan untuk menghasilkan emas. Masarakat mempercayai bahwa seekor Lafero mampu menghasikan emas dari kotoran yang di keluarkannya. masyaraat percaya bahwa Lafero tidak akan muncul kepeda orang yang sembarangan yaitu memiki hati yang tidak bersih.
    Namun kepercayaan tentang lafero ini semakin hari semakin di kikis oleh modereniasasi sekarang-sekarang ini. Namum beberapa masyarakat serta generasi yang cukup berumur masih percaya dengan binatang ini.

2.    Imbu
Sama halnya dengan Lafero, kepercayaan ini ada sebelum islam masuk ke daratan wangi-wangi. Imbu di gambarkan sebagai gurita seperti biasanya namun yang membedakan Imbu dengan gurita adalah Imbu memiliki kaki atau tentakel sebanyak Sembilan kaki. Di gambarkan juga Imbu bisa hidup di Lautan serta bisa hidup di perairan yang tawar dan biasanya imbu sering membuat suara dari air seperti bunyi suara gendang dan biasanya suara-suara ini terdengar pada permandian-permandian yang ada di wanci seperti konta male, Te’ekosapi, dan lain sebagainya. Di ceritakan juga bahwa ketika Imbu membuat suara-suara ini berarti Imbu ingin mencari anak-anak untuk di jadikan tema.
Dan memang bunyi-bunyi  seperti gendang sering terdengar di dalam lorang-lorong air di dalam air karna memang percikan antara air dengan talaktip dan talakmit goa air namun bukan karna Imbu. Cerita tentang imbu ini masih ada sampai sekarang kaarena  Dongeng tentang imbu ini sering di ceritakan oleh seorang orang tua kepada anak-anaknya yang bertujuan untuk menakut-nakuti anak anak yang agar tidak terlu lama berenang di permandian air. Dongeng ini di gambarkan kepada anak-anak bahwa

3.    Dhau dhau lonto
Dhau-dhau lonto di gambarkan sebagai kumpulan burung yang berterbangan yang mengeluarkan suara yang rebut.
    Kepercaaan ini menyatakan bahwa setiap bebrapa tahun tertentu, tuhan mengutus sekumpulan burung untuk mengecek suatu kampung atau tempat bahwa di tempat tersebut masih ada orang atau tidak dengan cara mengeluarkan suarayang berisik di atas temoat tertentu. Dan untuk menyikapi hal ini apabila terdengar Dhau-dhau lonto di atas pemukiman, maka masyarakat harus membunyikan gendang beberapa kali untuk pertanda bahwa di tempat tersebut ada yang menghuni, apabila hal ini tidak di lakukan, maka suatu tempat tersebut akan di kena bala atau bencana.





oke demikian beberapa info darisaya yang bersumber dari saya sendiri yang bertanya kepada masyarakat,.. tolong di pertimbangkan sumber jika di ambil,..

1 comment:

Masih Hangat Utk Dibaca

MENIKMATI MACET JAKATA #OpiniLaode

Jakarta. Semua orang tahu bahwa Jakarta adalah Ibukota negara republik Indonesia yang kita cintai ini. sebagai ibu kota tentulah Jakarta pas...