AIR DAN KEHIDUPAN
BY : LA ODE RAIMUDIN

Setiap hari kita berhubungan dengan zat yang satu ini dalam bentuk apapun baik padat, cair, gas, asin, manis, dingin dan hangat. pagi hari kita terbangun untuk menganbil zat ini entah untuk di minum, berkumur, berwudu, dan bahkan untuk mandi. Tidak hanya itu saja, beberapa menit kemidian kita mengambil air dalam bentuk yang agak wangi yang sering kita sebut parfum dan menyemprotkan zat itu ke arah tubuh kita sebelum ketempat kerja atau ke sekolah. Manfaatnya tidak berhenti sampai situ saja, tiba di tempat kerja dengan panas terik matahari kita memilih singga di warung-warung kecil untuk membeli zat ini untuk menghilangkan rasa haus yang kita miliki. dan kebiasan itu akan terus berlanjud setiap hari entah itu kita sadari atau tidak.

Manfaatnya tidak akan pernah habis dan kita akan selalu kita butuhkan ketika kita masih bernafas di dunia ini. Namun tahukah kita apa yang akan terjadi apabila tidak ada air dalam hidup kita? Maka akan banyak kejadian yang tidak bisa kita terima dengan akal sehat kita apabila tidak ada air dalam hidup kita salah satunya  kita akan menggunakan daun atau tisnyu untuk membersihkan kotoran yang kita keluarkan setiap hari. Dan yang penting juga adalah kita akan kesulitan dengan aroma tubuk kita karna jika tidak ada air maka tidak akan ada mandi, parfum, hen end body, dan syampo kondisyiner. Dan yang lebih parah tidak akan ada tukang es lagi tiap sore.

MAFAAT AIR SUDAH DI RASAKAN SEJAK DULU, berdasarkan catatan sejarah pemanfaatan air sudah digunakan sejak dulu kala hal ini di buktikan bahwa peradaban-peradaban pertama manusia di dunia ini biasanya di temukan di sekitar lembah sungai ataupun di pesisir pantai. Sebut saja peradaban cina kono, Mesir dan peradaban pertama lainnya di bumi ini. Dan ini bukan merupakan suatu kebetulan semata yang tidak disengaja namun karena air memiliki manfaat yang sangat banyak untuk masyarakat pada saat itu.

SEGELAS AIR ADALAH SEGALANYA. Pada umumnya kebutuhan dan kemampuan seseorang dalam mengkomsumsi air dalam sehari berbeda beda. Namun untuk manfaat dari air ini tidaklah pilih kasih terhadap seseorang. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang sering di lakukan oleh seseorang dengan segelas air namun di bidang ilmu kedokteran dan psikologi sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satunya kebiasaan masyarakat desa yag jauh dari akses kesehatan yang sangat layak yang ada di beberapa daerah di negara kita ini ialah kebiasaan mengkomsumsi segelas Air setelah bangun tidur. Tanpa kita sadari, kebiasaan ini memiliki hasiat untuk membersihkan saluran sisitem pencernaan kita dan akan berimbas kepada kesehatan kita dan akan lebih baik apabila di lakukan setiap hari. Jika saluran pencernaan bersih, maka makanan dan zat-zat yang ada pada makanan akan di cernah dengan baik oleh tubuh dan imbasnya akan kembali pada kesehatan tubuh kita. Dan apabila tubuh kita sehat maka hal ini merupakan segalanya untuk manusia dan merupakan nikmat yang paling besar dalam hidup kita.

TERAPI AIR MINERAL MENGATASI BATU GINJAL, manfaatnya tidak berhenti sampai di situ saja, untuk orang mengalami gangguan dengan air kencingnya atau sering kita sebut dengan asam urat atau kencing batu yang sangat menggangu dan memperlambat pekerjaan dan aktifitas kita , maka jawabanya dari masalah ini adalah perbanyak meminum air dalam sehari alam jumlah yang cukup banyak. Mengkomsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dapat mengatasi kencing batu atau asam urat pada penderita karena air yang yang cukup banyak sering kita konsumsi secara rutin akan memperlancar san mempercepat sisitem transportasi dalam tubuh kita serta memperlancar aliran air kencing kita. Air kencing yang lancar akan mengkikis sedikit demi sedikit batu ginjal yang ada dalam saluran kencing kita. Namun pemilihan air mineral yang baik dan tepat memberi peranan yang sangat penting dalam proses penyembuhan, karna batu ginjal bermula dari air minerala yang kita konsumsi, pola minum dan pola cencing yang bermasalah pada penderita. Batu ginjal adalah merupakan zat kapur yang menumpuk dan mebatu karena pola kencing yang sering di tunda oleh aktifitas.

MENGGUNAKAN AIR SEPERLUNYA, berbicara tentang manfaat air maka tidak akan pernah habis-habis oleh pembahasan, namun apakah kita telah menggunakan air ini sesuai dengan yang kita penuhi?. Maka jawabanya pasti berbeda-beda setiap orang namun dengan keboras kita itu tidak kita sadari bahwa di belah dunia yang lain terjadi kekeringan air di mana untuk mendatkan air sangatlah sulit itupun air yang di konsumsi tidak layak untuk di konsumsi dan akan menimbulkan penyakit. Lalu bagaiman caranya untuk dapat setikanya mengurangi keborosan yang kita lakukan ini. Yaitu dengan cara menggunakan air seperlunya contohnya di saat kita berwudhu pada kerang yang di sediakan pada tempat berwudhu masjid usahakan air yang keluar dari kerang adalah air yang betul-betul  akan kita gunakan saja, maka caranya adalah setiap air yang keluar yang sudah ada di telapak tangan kita ikuti dengan menutup kerang air sesudahnya dan menjalankannya kembali untuk membasuh anggota wudhu yang lainnya serta mengula  cara ini pada setiap gerakan yang lain.

Keborosan lain yang sering kita lakukan terhadap air adalah saat kita meminum air. Sering kita mengambil segelas air manun tidak jarang bahkan sering kita tidak dapat menghabiskan air tersebut, maka kita tidak akan mengembalikan air ini ketempatnya semula namun yang kita lakukan untuk sisa air ini adalah membuangnya entah itu ke tanah, wc, ataupun tempat sampah. Ketika kita membuang air ke tanah, di sisi lain akn ada manfaat lain yang di rasakan oleh organisme yuang ada dalam tanah entah itu tumbuhan dan lain sebagainya. Namun kita tidak sadari air yang kita buang itu adalah air mineral yang yang mungkin di belahan dunia sana banyak yang membutuhlkan air itu dan ini merupakan pemborosan. Maka jawaban dari masalah ini adalah menaksir sebanyak apa air yang kita butuhkan untuk di minum.

BERSYUKUR DAN MENJAGA EKOSISTEMNYA, salah satu cara kecil untuk mensyukuri nikmat yang besar ini selain menggunakan air seperlunya adalah menjaga ekosistem air mengan menanam pohon agr lebih indah gunakan pohon hias atau bunga hias di halaman rumah kita, serta membuat kebiasaan baik yang imbasnya besar seperti membuang sampah pada tempat yang telah di sediakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord guitar Lagu Suasana Rumah Raim Laode

Setelah CEMBURU, Raim Laode Cerita Lagu Kedua SUASANA RUMAH Rilis 21 Maret 2019

Lirik LAGU SUASANA RUMAH BY RAIM LAODE